Oleh: indrakila | April 5, 2009

Dukung Komodo Masuk “New Seven Wonder”

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya, Minggu, menyatakan optimistis, biawak raksasa Komodo (varanus comodoensis) yang ada di Taman Nasional Komodo (TNK) masuk nominasi tujuh keajaiban dunia baru (new seven wonder).

Dalam hubungan dengan itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan dukungan maksimal terhadap TN Komodo yang terletak di wilayah Kabupaten Manggarai Barat di ujung barat Pulau Flores lewat situs http://www.new7wonder.com agar masuk nominasi tujuh keajaiban dunia baru.

Berdasarkan hasil voting sementara, kata Gubernur Lebu Raya mengutip laporan Dinas Pariwisata NTT, TN Komodo sudah berada di posisi sepuluh dari sebelumnya posisi 12 untuk kategori E (forest, national park, natural reserves).

“Posisi ini harus terus kita pertahankan dengan terus memberi dukungan kita kepada TN Komodo lewat situs http://www.new7wonder.com,” katanya dan menambahkan, jika akhirnya TN Komodo masuk dalam daftar tujuh keajaban dunia baru, maka arus kunjungan wisatawan ke TN Komodo diharapkan semakin meningkat.

TN Komodo akan terus bersaing dengan kandidat keajaiban dunia baru lainnya, seperti Amazon (Brazil), Puerta Princesa (Philiphina), Dinosaur Provincial Park (Kanada), Sundarbans Forest dan taman nasional yang tersebar di Afrika seperti Eua National Park (Tonga) dan Okavango (Afrika).

Pada September 2009 mendatang, Yayasan New7wonder Foundation akan menetapkan tujuh keajaiban dunia yang terbaru berdasarkan hasil poling yang dilayangkan lewat situs tersebut.

Komodo ditetapkan sebagai Taman Nasional pada 6 Maret 1980 yang ditandai dengan peresmian taman nasional tersebut oleh Presiden Soeharto pada saat itu.

Pada 1986, TN Komodo ditetapkan sebagai Cagar Biosfer serta menjadi Situs Warisan Dunia (world heritage site) pada tahun 1991.

Luas kawasan TN Komodo sekitar 173.300 hektare yang meliputi wilayah daratan seluas sekitar 40.728 hektare dan wilayah perairan seluas sekitar 32.572 hektare.

Ada tiga pulau masuk dalam kawasan TN Komodo, yakni Pulau Komodo (33.937 hektare), Pulau Rinca (19.625 hektare) dan Pulau Padar (2.017 hektare). Kawasan TN Komodo berada di ketinggian sekitar 735 meter di atas permukaan laut.

Menurut data yang dilaporkan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), binatang purba yang diduga kuat sebagai kembaran manusia itu, tercatat sekitar 1.500 ekor hidup di Pulau Rinca, sementara 1.500 ekor lainnya terdapat di Pulau komodo serta beberapa ekor komodo lainnya hidup di Pulau Padar dan Pulau Gili Motang.

Dalam kawasan TN Komodo, khususnya di Pulau Komodo, tercatat sekitar 360 kepala keluarga (KK) yang hidup di pulau tersebut, namun mereka tidak pernah membunuh biawak raksasa itu, karena telah dianggapnya sebagai leluhur.

Konon, orang asli Komodo meyakini satwa purba tersebut merupakan anak dari hasil perkawinan antara leluhur mereka bernama Majo dan seorang putri naga ajaib.

Dari perkawinan itu, putri naga melahirkan anak kembar yakni seorang pria berwujud manusia yang dinamai “Gerong” dan seorang putri berwujud naga yang dinamai “Ora”, sehingga sampai sekarang orang Komodo tetap menamai binatang langka dunia itu dengan sebutan “Ora”.

Dahulu kala, Pulau Komodo hanya dihuni oleh sedikit orang asli Komodo, namun sekarang jumlah penduduk di pulau kecil di ujung barat Pulau Flores itu terus bertambah seiring dengan masuknya suku Bima, Bajo, Bugis, Sumba, Ambon dan sedikit orang Flores.

Dengan mengacu pada sejumlah elemen tersebut, Gubernur NTT Frans Lebu Raya optimistis, TN Komodo masuk dalam tujuh keajaiban dunia baru (new seven wonder).

Dalam hubungan dengan itu, ia mengharapkan dukungan semua elemen masyarakat di NTT dan seluruh Indonesia lewat situs http://www.new7wonder.com agar TN Komodo masuk dalam nominasi tujuh keajaiban dunia baru.

sumber : http://www.antara.co.id


Responses

  1. salam berkah,

    mari kita dukung terus….!!!

  2. setujuuu..vote now

    • semoga pulau komodo jadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia..
      amiiiin ya allah..

  3. sAya bangga !!!!!!!!!!!!!!

    walau hanya 1 tempat yg masuk kategori…… dukung terus.

  4. go for the best varanus comodoensis

  5. Ayo, sebagai anak bangsa yg bangga akan kekayaann bumi Nusantara, mari dukung TN Komodo sbg salah satu 7 keajaiban dunia…

  6. saya dukung terus ….. !!!!!!

  7. Maju terus indonesia….salut buat pulau komodo.pokoke harus menang….HORAS………………

  8. Komodo island is the best.It is become number one,do not choose the other just komodo island.

  9. Saya sangat mendukung dan sudah dua kali memilih (vote) .Ayo teman2 dukung Komodo masuk 7 keajaiaban dunia

  10. Menurut saya pribadi,saya sangat mendukung and setuju bangetz kalo KOMODO “hewan langka” masuk dalam 7 keajaiban Dunia. Kita harus bisa melestarikan habitat mreka………………………..

  11. Mari kita dukung trus puLau komodo.

    Horas

  12. mari bersama-sama kita jaga dan banggakan sumberdaya kita salah satunya ialah komodo

  13. saya sangat mendukung komodo national park to be new 7 wonders nature.kebetulan saya juga dari manggarai- NTT

  14. yux ajak teman-teman s’mua siapapun itu
    buat milih KOMODO sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia yg baru
    coz manx KOMODO tu layak bgt masuk nominasi
    tpt plng unik dan indah
    ada peninggalan zaman JURASSIC ny lagi…

  15. we can maked…. !!! just vote;s

  16. Sbgai org indonsia sy bngga skali pulau komodo mnjadi nominasi new 7 wonder, mlht persaingan ny sgt berat, spt amazon dll, vote for TN KOMODO

  17. Hidup …….indoensia,ojo wedi bOM

  18. Saya dukung trus pulau komodo jd new 7 wonders.Pulau komodo jg gak kalah bgusnya sma yg laenny

  19. ok.setuju bgt..mudah2an dng adanya pulau komodo nama indonesia smkn indah di negara luar..dan wisatawan asing bnyak dtng jg k indonesia.smakin terkenal deh negara indonesia.amin

  20. Tunjukan pada DUNIA..! bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan kaya dengan segala alam dan isinya..! bukan negara yang mudah diremehkan oleh dunia.

  21. saya bangga dan saya terus dukung, komodoensis binatang purba yg ada di labuan bajo, manggarai flores……, NTT

  22. go……go….. sukses smoga menang. tuhan selalu memberkati…… amin

  23. Saya Memilih Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia… semoga Indonesia semakin dikenal bukan hanya Jakarta dan Bali-nya saja… sebenarnya masih banyak tempat-tempat di Indonesia yang layak menjadi keajaiban dunia

  24. I strongly support the Komodo park once entered into the 7 wonders of the world ….?
    therefore let them continue to support this Komodo Island 7 keajabian into the world ….?

  25. wah,,,sbagai warga negara indonesia yang baik,kita wajib mndukung pulau komodo sbagai salah satu dari 7 k’ajaiban dunia,,ayo smua dukung truz pulau komodo!!!!!

  26. pulau komodo juga menjadi kembanggan saya terhadap binatang kangkah seperti komodo. dan saya sangat mendukung agar dapat masuk sebagai 7 keajaiban dunia. sukses……………..

  27. saya dukung pulau komodo masuk 7 wonder, kita harus bangga dengan negeri kita. Pulau Komodo emang………………….okey!

  28. Salut deh, semoga indonesia bisa masuk 7 keajaiaban dunia sehingga citra indonesia terutama sektor pariwisata bisa bertambah maju. Salut deh dengan pak Gubernur NTT.

  29. Yo……..Ayo………..
    kita dunkung pulau komodo

    Yo….Ayo kita dukung lagi

  30. dukung terus TAMAN NASIONAL KOMODO

  31. dukung banget, saya udah pernah k komodo……pulau n komodonya masi virgin belom terkontaminsai

  32. sangat mendukung!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  33. dukung banget aq uda dua kali k sana pulaunya masi virgin banget belom terkontaminasi….komodonya mantap
    ayo sama” qta dukung

  34. dukung terus……..pulau komodo yang terbaik..

  35. dukung terus komodo masuk 7 keajaiban dunia

  36. tolong di benahin lagi fasilitasnya,dan bagi pengunjung harap di hargai kunjunganya walaupun sebentR


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: