Oleh: indrakila | Agustus 26, 2008

Waduk Menyusut, Penghasilan Arena Wisata Air Turun

Menyusutnya kapasitas air waduk Gondang di Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan juga menyebabkan penghasilan pengelola arena wisata air menurun hingga 50 persen. Saat ini kapasitas waduk Gondang tinggal 15 persen dari kapasitas normal sekitar 18 juta meter kubik.

Salah seorang pengelola jasa sewa perahu di Waduk Gondang Mustam Minggu (20/7) mengatakan dalam kondisi normal sebelum waduk menyusut sedikitnya dia bisa membawa pulang hasil bersih dipotong bahan bakar, Rp 60.000 per hari. Tetapi setelah air waduk menyusut sejak Mei lalu penghasilannya tinggal Rp 30.000 rata-rata per hari.

Hal yang sama dialami pemilik jasa sewa sepeda air Supriyadi. Pada kondisi normal waduk tidak menyusut bisa menghasilkan Rp 400.000 hingga Rp 600.000 tetapi kini tinggal Rp 250.000 hingga Rp 3000.000. “Saya ini kontrak Rp 10 juta per tahun kepada Dinas Pengairan. Kalau sepi terus ya untungnya sedikit,” kata Supriyadi.

Sebelumnya Supriyadi menggunakan sistem setoran, tetapi sejak lima tahun lalu berubah menjadi kontrak. Supriyadi sudah menggeluti profesi itu sudah tujuh tahun, sedang Mustam sudah 15 tahun. Waduk Gondang sendiri dibangun sejk 1987 lalu.

sumber : http://www.kompas.com


Responses

  1. Penyusutan debit air sebenarnya berawal dari berkurangnya hutan yang ada disisi desa cancing yang merupakan sumber dari penyimpanan cadangan air. Adanya kemungkinan pemukiman penduduk yang memiliki efek samping,karena tidak semua orang mengerti arti pentingnya sebuah waduk. Tapi ada lagi waduk yang perlu kalian teliti kelak yaitu waduk krekah, di Kedungpring juga letaknya, belum dijamah tangan manusia. Coba deh cari infonya!

  2. TOLONG DUNK MASUKANYA! LOGO PALA YANG LAEN N BAGUS TU GMN NICH? KASI GUNUNG OR GMN PLIS YAW!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: