Oleh: indrakila | Februari 14, 2008

HP Daur Ulang Botol Air Minum Menjadi Katrid Inkjet

Demi lingkungan, perusahaan komputer Hewlett Packard (HP) memproduksi katrid dari bahan daur ulang. Perusahaan tersebut telah mengembangkan terobosan baru untuk mendaur ulang plastik bekas kemasan air minum menjadi katrid printer inkjet HP original baru.

katrid HP

Lebih dari 200 juta katrid telah diproduksi dengan menggunakan proses ini. HP memanfaatkan lebih dari 2,5 juta kilogram plastik daur ulang untuk produksi katrid inkjet-nya tahun lalu.

Selanjutnya, HP berkomitmen untuk terus menggunakan bahan yang sama sebanyak dua kali lipat pada tahun 2008. Program ini akan mengurangi penumpukan sampah plastik yang tidak ramah lingkungan Sejak awal program ini berjalan, HP telah mempergunakan plastik hingga 200 truk trailer.

“Dengan mengembangkan teknologi yang menjadikan HP dapat memanfaatkan kembali plastik daur ulang untuk pembuatan katrid inkjet HP orisinil, kami memiliki peluang untuk mengurangi dampak pencemaran terhadap bumi,” ujar Michael Hoffmann, Senior Vice President, Supplies, Imaging and Printing Group, HP dalam rilis persnya.

Dalam mengembangkan proses ini, HP telah merekrut sejumlah insiyur, ahli kimia, serta mitra untuk menemukan cara penggunaan bahan daur ulang yang mampu memberikan manfaat bagi lingkungan, namun tetap mampu menghadirkan kualitas dan reliabilitas produk yang disyaratkan oleh konsumen.

Sebelumnya, HP juga telah memiliki program pengembalian katrid Inkjet HP melalui HP Planet Partners. Program yang sudah dijalankan di 45 negara dan teritori ini memungkinkan terjadinya proses daur ulang multi-fase yang meleburkan bekas katrid  menjadi bahan baku, seperti bagian plastik dan logamnya.

HP menggabungkan plastik yang berasal dari katrid inkjet dengan botol yang didaur ulang serta beberapa bahan tambahan lainnya untuk memastikan bahwa semua bahan daur ulang memenuhi standar kinerja HP yang tinggi. Jumlah konten yang didaur ulang pada katrid HP inkjet sangat bervariasi antara 70 hingga 100 persen dari total plastik yang digunakan

sumber : kompas.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: